Jelajah
IMG-LOGO

Diskominfo Selenggarakan Pelatihan Integrasi Data Siskeudes, SID Dengan SIDesa Jateng

Create By 03 December 2019 15 Views
DESA BANYUROJO - Bertempat di Ruang Rapat Bina Karya Komplek Setda Kabupaten Magelang, ratusan desa pada hari kamis (28/11) ikuti Pelatihan Integrasi Siskeudes, SID dengan SIDesa Jateng yang merupakan layanan Integrasi Data Sistem Informasi Desa di Provinsi Jawa Tengah. 

Tak ingin ketinggalan dengan daerah lain di Jawa Tengah, Kabupaten Magelang-pun terus melakukan inovasi dalam pengelolaan data dan manajemen informasi dengan mengoptimalkan SID (Sistem Informasi Desa) berbasis website yang menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan desa dan pembangunan kawasan perdesaan. 

Progres dari pelatihan ini sendiri kedepannya masyarakat dan pemangku kepentingan di Jawa Tengah dapat secara langsung melihat perkembangan desa-desa di wilayah Jawa Tengah dari mulai masalah kependudukan, tingkat kemiskinan, hasil pembangunan desa dan perencanaannya, hingga pelaporan keuangan sebagai salah satu tanggung jawab desa sebagai bentuk keterbukaan informasi dan transparansi publik.

Penjelasan sederhana dari SIDesa Jateng sebagaimana dijelaskan oleh pemateri dari Dispermades Jateng merupakan jembatan, yang berfungsi sebagai fasilitasi untuk bisa menyajikan data dasar dan informasi lainnya sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing.

Untuk dasar hukum dari program integrasi Siskeudes, SID dan SIDesa Jateng sendiri yaitu ; UU Nomor 6 Tahun 2014 dan Pergub Jateng Nomor 47 Tahun 2016.

Dan melalui SIDesa yang mengintegrasikan Siskeudes dan SID nantinya akan terlihat bahwa dengan sistem dan teknologi yang mumpuni dan terkelola dengan baik pelayanan dapat semakin mudah, cepat dan optimal, dimana penyajian data-pun semakin baik, mudah dan bagus.

----

IMG
IMG
IMG