DESA BANYUROJO - Senin pagi (2/12) pasca kegiatan Apel Kinerja dengan Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan Mertoyudan, bersama Tim Pemantau Kabupaten Magelang, perwakilan Perangkat Desa dan Kepala Desa, Wakapolsek Mertoyudan (Eko Yudo) juga Danramil Mertoyudan (Sigit) duduk bersama dalam acara Sosialisasi Penanganan Tunggakan Dan Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Bertempat di Aula kecamatan Mertoyudan Eko Yudo menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya Pilkades serentak dengan aman dan terkendali. "Semakin tahun permasalahan semakin banyak terjadi. Wilayah Mertoyudan tidak ada Desa yg tidak ada perumahan-nya. Mohon kita (kepolisian) dibantu khususnya masalah kependudukan. Apabila nanti ada penambahan dan atau pengurangan penduduk, supaya bisa di update hingga RT/RW."

"Sebagai upaya preventif atas kegiatan-kegiatan yang tidak diharapkan seperti radikalisme, terorisme, dan hal serupa dimohon dan diharapkan adanya pendataan warganya secara up to date, berkelanjutan dan akurat. Sukur data-data penduduk baru bisa dilengkapi dengan foto, dan nomor telepon/WA, atau identitas lainnya. Bahkan semisal ada warga yang Boro, tempat kos, pendataan semoga bisa dilakukan intens", imbuhnya.

Senada dengan Eko Yudo, Danramil Mertoyudan (Sigit) juga menyampaikan beberapa hal yang pertama ; ucapan terimakasih atas terselenggaranya Pilkades serentak yang berjalan Aman dan terkendali, dan semoga tidak ada permasalahan yang timbul pasca Pilkades dan hingga berkelanjutan.

Selanjutnya, bahwa situasi alam yang tidak menentu saat jni harus diantisipasi dengan baik. Dan apa-apa yan terjadi diluar wilayah Mertoyudan seperti di Pakis, Windusari dan daerah lain harus kita jadikan pelajaran untuk senantiasa sigap serta waspada. "Untuk masing -masing dusun semoga diupayakan alat-alat preventif untuk penanggulangan bencana secara mandiri tidak lagi menunggu bantuan dari luar", tambah Sigit.

Ketiga, untuk desa-desa yang kemaren ada catatan masih ditemukan ODF (Open Defecation Free ) / belum tuntas BABS untuk bisa ditindak lanjuti guna menyelesaikan permasalahan yang ada. Dan untuk staf Pemdes semoga bisa menanyakan informasi kelanjutannya dan hasil tindak lanjut dari kunjungan yang telah dilaksanakan Dinkes bersama Tim atas kegiatan peninjauan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Dan Keempat, menghadapi cuaca yang sudah banyak airnya diupayakan kepada masyarakat yg memiliki lahan untuk bisa menggarap lahan pertaniannya. Setelah saya keliling ke wilaya Mertoyudan banyak lahan pertanian yg telah menggeliat. Dan terkait kendala alat, perbaikan/peremajaan bisa menghubungi Koramil Mertoyudan untuk bisa ditindak lanjuti bersama dinas terkait.

-----

© SID Banyurojo 2019