VISI


Demokratisasi memiliki makna bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di desa harus mengakomodasi aspirasi dari masyarakat melalui Badan Permusyawaratan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan yang ada sebagai mitra Pemerintah Desa yang mampu mewujudkan peran aktif masyarakat agar masyarakat senantiasa memiliki dan turut serta bertanggungjawab terhadap perkembangan kehidupan bersama sebagai sesama warga desa sehingga diharapkan adanya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui penetapan kebijakan, program dan kegiatan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

Atas dasar pertimbangan tersebut di atas, maka untuk jangka waktu 6 (enam) tahun ke depan diharapkan proses pembangunan di desa, penyelenggaraan pemerintahan di desa, pemberdayaan masyarakat di desa, partisipasi masyarakat, siltap Kepala Desa dan perangkat, operasional Pemerintahan Desa, tunjangan operasional BPD, dan Intensif RT/RW dapat benar-benar mendasarkan pada prinsip keterbukaan dan partisipasi masyarakat sehingga secara bertahap Desa Banyurojo dapat mengalami kemajuan. Untuk itu dirumuskan Visi dan Misi.

“Mewujudkan Desa Banyurojo Yang Maju, Aman, Berbudaya, Religius, Sehat, Terampil, dan Sejahtera Menuju Desa Unggul Tahun 2022”

Rumusan Visi tersebut merupakan suatu ungkapan dari suatu niat yang luhur untuk memperbaiki dalam Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelaksanaan Pembangunan di Desa Banyurojo baik secara individu maupun kelembagaan sehingga 6 (enam) tahun ke depan, Desa Banyurojo mengalami perubahan yang lebih baik dan mengalami peningkatan kesejahteraan masyarakat dilihat dari segi ekonomi dengan dilandasi semangat kebersamaan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelaksanaan Pembangunan.

Visi ini juga disingkat sebagai slogan agar lebih mudah diimplementasikan, serta menjadi semangat bersama Pemeritnah Desa Banyurojo dan Masyarakat untuk mewujudkan cita-cita menjadi desa unggul tahun 2022.
Slogan tersebut adalah Menuju Banyurojo “MANDIRI SETARA“ (Maju – Aman – Berbudaya - Religius – Sehat – Terampil – Dan Sejahtera).

Mandiri adalah sikap (perilaku) dan mental yang memungkinkan seseorang untuk bertindak bebas, benar, dan bermanfaat; berusaha melakukan segala sesuatu dengan jujur dan benar atas dorongan dirinya sendiri dan kemampuan mengatur diri sendiri, sesuai dengan hak dan kewajibannya, sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya; serta bertanggung jawab terhadap segala keputusan yang telah diambilnya melalui berbagai pertimbangan sebelumnya

Setara mengandung makna keadaan sejajar tanpa ada yang merasa lebih tinggi dan mengungguli antar satu dengan yang lainnya, jika mengalami kemajuan adalah kemajuan untuk bersama. 

Maju adalah peningkatan atas apa yang ada, atau peningkatan atas apa yang kita miliki. Suatu perubahan yang menjadikan semua menjadi jauh lebih baik atau bahkan mendekati kesempurnaan.

Aman adalah adalah keadaan bebas dari bahaya yang mengancam, maupun hal-hal yang bersifat menakutkan di tengah masyarakat pada saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Berbudaya adalah Kondisi masyarakat yang mampu menjaga, menghargai dan menjiwai budaya bangsa yang sarat dengan nilai-nilai luhur untuk mewujudkan hidup yang baik.

Religius adalah suatu sikap perilaku yang taat patuh dalam menjalankan ajaran agama yang dipeluknya, bersikap toleran terhadap pemeluk agama lain serta selalu menjalin kerukunan hidup antar sesama masyarakat penganut agama.

Sehat adalah suatu kondisi di mana segala sesuatu berjalan normal dan bekerja sesuai fungsinya dan sebagaimana mestinya. 

Terampil adalah cakap menyelesaikan tugas; mampu dan cekatan, dengan bahasa lain, akan menjadi suatu proses dari cara memahami sesuatu untuk menyelesaikan suatu masalah.

Sejahtera adalah suatu keadaan masyarakat yang aman sentosa dan makmur, serta selamat dari segala macam gangguan dan kekhawatiran.

MISI


1. Menyelenggarakan Pemerintahan Desa yang efektif dan transparan dengan pelayanan prima kepada semua lapisan masyarakat.

2. Meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan lembaga-lembaga Desa sebagai mitra kerja dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

3. Mengaplikasikan Sistem Informasi Desa untuk meningkatkan kecepatan pelayanan dan informasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

4. Mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengembangkan dan mengelola potensi perekonomian desa secara profesional, terencana dan berkelanjutan.

5. Mendorong terwujudnya lingkungan desa yang tertata, indah, asri dan sehat, dengan tata kelola persampahan yang efektif.

6. Meningkatkan kualitas infrastruktur desa yang mendorong peningkatan taraf perekonomian masyarakat.

7. Mendorong terwujudnya masyarakat desa yang religius, bermartabat dan berbudaya serta berakhlaq mulia untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang harmonis, tertib, aman dan damai.

8. Meningkatkan mutu kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik dan layak sehingga menjadi desa yang unggul dan mandiri.

-----

Download brosur Visi dan Misi Desa Banyurojo silakan klik disini.