Mengenai Sejarah Desa Banyurojo baru bisa dituliskan semenjak Negara Kesatuan Republik Indonesia berdiri yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945, sampai dengan sekarang karena adanya kesulitan dalam menggali berbagai literatur dan mewawancari generasi tua untuk dikonfirmasi. Bahkan sempat tim dari Desa Banyurojo sampai datang keperpustakaan Kasultanan Ngayojokarto Hadiningrat, mencari literatur asal usul Desa Banyurojo dan hasilnya nihil. Karena itu penyusunan sejarah Desa Banyurojo akan kami mulai dari kepemimpinan Bapak Subijandi selaku Lurah Desa yang pertama pun foto pewajahan beliau sampai dengan saat ini sama sekali belum desa miliki.

Tahun 1957 wilayah Kalurahan Banyurojo bertambah seiring berdirinya Akademi Militer Nasional (AMN) dalam pembangunan Perumahan Personil Akademi Militer Nasional di wilayah Banyurojo dengan nama Panca Arga. Tanggal 23 Maret 1982 Bapak Lurah Much Tohir meninggal dunia masih dalam status Lurah aktif Kelurahan Banyurojo dan telah dilanjutkan dengan pejabat Kepala Desa (Pj) Kepala Desa yaitu ditunjuk Bapak Much Ikhsan Carik Desa Banyurojo menjadi Pj. Kepala Desa Banyurojo sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1979.

Tahun 1983 wilayah Dusun Krincing / Mbaben dan seluruh masyarakat Dusun Krincing / Mbaben heran karena secara mendadak wilayah Dusun Krincing / Mbaben dikuasai oleh Kota Madya Magelang dan warga Dusun Krincing / Mbaben langsung dibuatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Tidar Baru Kota Madya Magelang.

Hal ini masih menjadi tanda tanya masyarakat Banyurojo sejak kapan secara De Jure dan De Facto wilayah Krincing / mbaben masuk wilayah Kota Madya Magelang karena kalau menilik peta Desa tahun 1976 sampai dengan sekarang ini RPJMDesa Banyurojo disusun belum ditemukan dokumen tentang penyerahan sebagian wilayah Desa Banyurojo khususnya. Dan sebagian wilayah Kabupaten Magelang pada umumnya masuk wilayah Kota Madya Magelang, baik dokumen yang dimuat dalam lembaran Negara Republik Indonesia maupun lembaran Daerah Kabupaten Magelang, ini perlu dipertegas agar tidak menjadi sumber konflik generasi yang akan datang.

Yups, mari sejenak melihat para pejabat pendahulu Desa Banyurojo dari awal hingga saat ini.

PEJABAT KEPALA DESA BANYUROJO



D:\\\\RPJMDES\\\\M Thohir.jpg
Foto : Bp. Much Tohir
Memerintah mulai tahun 1946 s/d 23 Maret 1982.


D:\\\\RPJMDES\\\\binuri.jpg
Foto : Bp. M. Binuri
Memerintah mulai tanggal 4 September 1985 s/d 11 Oktober 1993.

D:\\\\RPJMDES\\\\RPJMDES\\\\bu mudrikah.jpg
Foto : Ibu Mudrikah
Memerintah mulai 20 Juni 1994 s/d 20 Juli 2002

D:\\\\RPJMDES\\\\RPJMDES\\\\pak nur.jpg
Foto : Bp. H. Noor Cahyono, SE.MM,
Memerintah mulai 20 Juli 2002 s/d 15 Januari 2009.


D:\\\\RPJMDES\\\\PICT1509.JPG
Foto : Ibu Mudrikah
Memerintah mulai 24 Nopember 2009 s/d 2015


Foto : Iksan Maksum
Memerintah mulai 30 Nopember 2016 s/d sekarang

PJ. KEPALA DESA BANYUROJO



D:\\\\RPJMDES\\\\RPJMDES\\\\pj.jpg
Foto : Bp. Much Ikhsan
Memerintah Sebagai PJ. Kepala Desa Banyurojo
Mulai Tahun 1982 s/d 14 September 1985
D:\\\\RPJMDES\\\\RPJMDES\\\\pak sulis.jpg
Foto : Bp. Drs. Sulistijono
Memerintah Sebagai PJ. Kepala Desa Banyurojo
Mulai 11 Januari 1993 s/d 20 Juni 1994


D:\\\\RPJMDES\\\\RPJMDES\\\\pak carik.jpg
Foto : Bp. P. Sutopo
Memerintah mulai 15 Januari 2009 s/d 24 Nopember 2009

 

----- © SID Banyurojo 2019 -----


Catatan :
Bagi anda yang ingin mempelajari sejarah Desa Banyurojo dengan lebih jelas, silakan datang ke Kantor Pemerintah Desa pada jam kantor atau klik disini dan unduh file Pdf-nya. Semoga bermanfaat.