DESA BANYUROJO - Proses verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Bertajuk Musdes Penanggulangan Kemiskinan (Gulkin) Desa banyurojo Tahun 2020, kegiatan yang terlaksana pada Selasa malam (11/03) di Gedung Wisma Nugraha Desa Banyurojo Mertoyudan Magelang dengan anthusias diikuti sejumlah peserta yang terdiri dari ; unsur BPD, Perangkat Desa, Tim Penanggulangan Kemiskinan Desa, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Perempuan dan Karang Taruna, serta unsur pengamanan desa (Babinsa dan Bhabinkamtibmas).

Menjadi ranah penuh bagi BPD, dipimpin Suwarjo (Ketua BPD Banyurojo) Musyawarah Desa dalam rangka Penanggulangan Kemiskinan dibuka dengan ketokan palu sebanyak tiga kali. Selanjutnya beliau meminta Tim Penanggulangan Kemiskinan Desa yang dikomandoi Agus Firmansah (Sekretaris Desa) untuk bisa memandu jalannya acara guna pencermatan Prelist Awal Pra-Musdus beserta usulan baru tambahannya.

Secara keseluruhan rangkaian acara berjalan dengan lancar, hikmat dan demokratis. Pun sempat berganti personil dalam pembacaan prelist dan usulan tambahan, selama proses pencermatan data, para peserta yang hadir saling mengoreksi dan bumbu canda dari sejumlah peserta-pun kerap kali terlontar hingga mampu menambah hidup suasana.

Musdes Gulkin merupakan tindak lanjut dari Musyawarah Dusun (Musdus) yang beberapa hari lalu dilaksanakan secara maraton di masing-masing wilayah dan sebelumnya sempat dievaluasi oleh Tim bersama BPD.

Dari hasil musyawarah dan pencermatan didapatkan hasil bahwa ada 881 Rumah Tangga (Ruta) layak untuk dilakukan verifikasi dan validasi (verval) ke lapangan, yang dari hasil verval nantinya masih akan berproses kembali ketahap pencermatan hasil verval dan entry data ke aplikasi SIKS-NG.

Menjadi tambahan informasi, angka kemiskinan di Kabupaten Magelang sampai dengan tahun 2020 ini masih terbilang tinggi. Sebagaimana disampaikan Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana dalam Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Tim Penanggulangan Kemiskinan Kecamatan dan Desa Kabupaten Magelang yang bertempat di Wisma Nugraha Desa Banyurojo (30/10/2019), "Ada 14.440 warga miskin di Kabupaten Magelang. Berdasarkan data kemiskinan di Kabupaten Magelang itu mencapai 10,6% menduduki ranking ke-20 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah".

Karenanya sebagai langkah serius Pemerintah Desa Banyurojo dalam rangka penanggulangan kemiskinan, ditahun 2020 ini dibawah kepemimpinan Iksan Maksum (Kepala Desa Banyurojo) pemerintah desa menganggarkan dalam APBDesa 2020 program penanggulangan kemiskinan melalui update data verval (verifikasi dan validasi) DTKS secara berkala, dibarengi bantuan ekonomi produktif, bantuan siswa miskin/berprestasi, serta berbagai program lainnya yang sebagian telah dilaksanakan tahun 2019.

-----