Selamat datang di Website Resmi Pemerintah Desa Banyurojo - Jangan lupa update secara berkala data kependudukan Anda -
IMG-LOGO
Seputar Banyurojo

Desa Banyurojo Ikuti Bintek Operator SIKS-NG & Petugas Pencacah Tahun 2020

Create By 11 March 2020 5 Views
IMG
DESA BANYUROJO - Dalam rangka meningkatkan kompetensi serta pengetahuan guna mendukung pelaksanaan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Bertempat di Aula TEA Tanjung Kecamatan Muntilan, dua peserta yang merupakan Pencacah dan Operator SIKS-NG bersama dengan perwakilan desa/kelurahan dari 12 Kecamatan tersebut ; Salaman, Borobudur, Ngluwar, Salam, Tempuranm Srumbung, Dukun, Muntilan, Mungkid, Sawangan, Candimulyo, Mertoyudan dan Tempuran secara anthusias mendengarkan penjelasan dari para pemateri ihwal Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), tahapan verifikasi dan validasi data DTKS, hingga penjelasan dan praktek atas aplikasi terbaru SIKS-NG seri 24.1 dengan beberapa fitur dan perbaikan tambahannya.

Dalam pembukaan acara, Bupati Magelang yang diwakili oleh Drs. H. Adi Waryanto selaku Sekda Kab. Magelang menjelaskan bahwasanya tujuan dari Bintek adalah ; Mempersiapkan dan memberi tambahan informasi terkait dengan pendataan dan verifikasi dan validasi (Verval) data kemiskinan.

"Kabupaten Magelang dalam hal Kemiskinan saat ini rangking 176 di tingkat Nasional. Atasnya Bupati berharap seluruh peserta melalui kegiatan ini dapat menimba ilmu sebaik-baiknya, dan kepada seluruh desa/kelurahan dapat secara berkala melakukan verifikasi dan validasi", imbuhnya.

Iwan Agus Susilo selaku Kepala Dinsos Kab. Magelang memberikan paparannya bahwa dalam waktu dekat Dinsos akan membuat stickeriasi kaitannya dengan penerima manfaat yang ada dalam DTKS pun saat ini sedang berproses. Untuk ketepatan dan akurasi data, pastikan data warga miskin masuk DTKS agar tidak terjadi inclusive error dan eksklusive error. Dan menjadi perhatian, bagi desa/daerah yang tidak melakukan verval sampai batas waktu akhir (30 Maret 2020) akan dihapus oleh Kemensos (sementara).

Dipungkasan paparannya Iwan menjelaskan bahwa tujuan verval adalah ; peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin. Dan verval DTKS mendukung Visi Sejahtera Kabupaten Magelang, yaitu ; menjamin pemenuhan kebutuhan dasar bagi warga khusus nya warga miskin hingga akhirnya mengurangi kemiskinan.

-----