Selamat datang di Website Resmi Pemerintah Desa Banyurojo - Jangan lupa update secara berkala data kependudukan Anda -
IMG-LOGO
Akta Kelahiran

Pentingnya Pembuatan Akta Kelahiran

Create By Ivan Purnawan 20 August 2021 13 Views
IMG
BANYUROJO - Akta kelahiran adalah akta catatan sipil hasil pencatatan terhadap peristiwa kelahiran seseorang. Dalam pengertian yang lain akta kelahiran adalah bentuk identitas setiap anak yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari hak sipil dan politik warga negara. 

Hak atas identitas merupakan bentuk pengakuan negara terhadap keberadaan seseorang di depan hukum.

Hak identitas bagi seorang anak dinyatakan tegas dalam Pasal 5 UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Pasal tersebut menyebutkan bahwa “Setiap anak berhak atas suatu nama sebagai identitas diri dan status kewarganegaraan”. 

Kemudian hal ini juga ditegaskan pada Pasal 27 ayat (1) dan (2) yang menyatakan, ayat (1) “Identitas diri setiap anak harus diberikan sejak kelahirannya”, dan ayat (2) berbunyi “identitas sebagaimana dimaksud ayat (1) dituangkan dalam akte kelahiran”. 

Sementara itu UUD 1945 Pasal 28 D ayat (1) menyatakan bahwa“setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum”. 

Selain itu UUD 1945 juga memberikan jaminan atas status kewarganegaraan sebagaimana diatur dalam 28 D ayat (4) yang menyatakan, “setiap orang berhak atas status kewarganegaraan”.

Karenanya, akan pentingnya akta kelahiran bagi setiap warga Desa Banyurojo yang belum memiliki Akta kelahiran diharapkan untuk segera mengurus akta kelahirannya. Terlebih bagi keluarga yang baru saja memilii buah hati atau baru saja melahirkan. 

---

© SID Banyurojo 2021 - Image by. detik.net.id

96,8 FM Radio Gemilang